ANALISIS HASIL UJIAN NASIONAL

ANALISIS HASIL UJIAN NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
MATA PELAJARAN FISIKA

A.    Profil Penanggung Jawab Mapel
Nama                          : Rustan, S. Pd.
NIP                             : 198312312009011032
Pangkat/Golongan       : Penata Muda Tk. I, III/b
TMT                            : 01 Januari 2009
Pendidikan Terakhir     : S1 Pendidikan Fisika
Status Sertifaksi          : Belum

B.    Analisis Hasil Ujian
Hasil Ujian Nasional tahun pelajaran 2015/2016 mata pelajaran Fisika dari 45 peserta ujian program IPA yang mendapatkan hasil ujian dengan kategori lulus atau nilai di atas 55,00 dalah 7 peserta atau hanya 15 %.
Penyebab kegagalan:
1.     Persiapan siswa yang tidak maksimal
2.     Kendala khusus yang dialami sebagian besar siswa adalah rendahnya kemampuan dalam menyelesaika soal-soal terkait dengan perhitungan
3.     Adanya anggapan dari siswa tentang hasil Ujian Nasional yang tidak berpengaruh terhadap kelulusan atau ketidak lulusan siswa pada tingkat madrasah sehingga tidak ada target yang mereka jadikan patokan untuk mencapai hasil yang maksimal
4.     Minat siswa dalam belajar Fisika tergolong rendah disebabkan sarana dan prasarana yang tidak digunakan secara maksimal.
5.     Laboratorium yang seharusnya menjadi tempat bagi siswa untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang fisika tidak berfungsi sebagaimana mestinya.
6.     Minat siswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi masih kurang sehingga timbul kecenderungan bahwa dengan mendapatkan ijazah di tingkat menengah sudah merupakan capaian yang cukup bagi mereka.
7.     Guru penanggung jawab belum memperoleh tunjangan sertifikasi guru

C.    Solusi
Adapun langkah nyata yang dapat dilakukan adalah:
1.     Melaksanakan proses pembelajaran yang lebih berkualitas
2.     Lebih mengintensifkan pemberian soal dengan materi perhitungan dengan tingkat kesulitan berjenjang.
3.     Mengintensifkan pembahasan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) atau memperbanyak pembahasan soal-soal yang sesuai dengan SKL.
4.     Memaksimalkan fungsi laboratorium IPA.
5.     Meningkatkan daya saing antar siswa dengan memberikan motivasi

6.     Memaksimalkan penggunaan media dalam pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca Juga

From Zero to Zero