ANALISIS HASIL UJIAN NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
MATA PELAJARAN FISIKA
A. Profil
Penanggung Jawab Mapel
Nama :
Rustan, S. Pd.
NIP :
198312312009011032
Pangkat/Golongan : Penata Muda
Tk. I, III/b
TMT : 01
Januari 2009
Pendidikan Terakhir : S1 Pendidikan
Fisika
Status Sertifaksi : Belum
B. Analisis Hasil
Ujian
Hasil
Ujian Nasional tahun pelajaran 2015/2016 mata pelajaran Fisika dari 45 peserta
ujian program IPA yang mendapatkan hasil ujian dengan kategori lulus atau nilai
di atas 55,00 dalah 7 peserta atau hanya 15 %.
Penyebab
kegagalan:
1. Persiapan siswa yang tidak maksimal
2. Kendala khusus yang dialami sebagian besar siswa adalah
rendahnya kemampuan dalam menyelesaika soal-soal terkait dengan perhitungan
3. Adanya anggapan dari siswa tentang hasil Ujian Nasional
yang tidak berpengaruh terhadap kelulusan atau ketidak lulusan siswa pada
tingkat madrasah sehingga tidak ada target yang mereka jadikan patokan untuk
mencapai hasil yang maksimal
4. Minat siswa dalam belajar Fisika tergolong rendah
disebabkan sarana dan prasarana yang tidak digunakan secara maksimal.
5. Laboratorium yang seharusnya menjadi tempat bagi siswa
untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang fisika tidak berfungsi sebagaimana
mestinya.
6. Minat siswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih
tinggi masih kurang sehingga timbul kecenderungan bahwa dengan mendapatkan
ijazah di tingkat menengah sudah merupakan capaian yang cukup bagi mereka.
7. Guru penanggung jawab belum memperoleh tunjangan
sertifikasi guru
C. Solusi
Adapun
langkah nyata yang dapat dilakukan adalah:
1. Melaksanakan proses pembelajaran yang lebih berkualitas
2. Lebih mengintensifkan pemberian soal dengan materi
perhitungan dengan tingkat kesulitan berjenjang.
3. Mengintensifkan pembahasan Standar Kompetensi Lulusan
(SKL) atau memperbanyak pembahasan soal-soal yang sesuai dengan SKL.
4. Memaksimalkan fungsi laboratorium IPA.
5. Meningkatkan daya saing antar siswa dengan memberikan
motivasi
6. Memaksimalkan penggunaan media dalam pembelajaran untuk
meningkatkan minat belajar siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar